Selasa, 16 April 2013

Tips Menghindari Kanker untuk Mahasiswa


kanker,kantong kering,mahasiswa,mahasiswa kanker,kanker mahasiswa,mahasiswa kantong kering
Sebenarnya waktu 4 tahun bukanlah waktu yang terlalu lama. Namun bagi mahasiswa 4 tahun itu adalah sebuah penderitaan yang cukup panjang. Apalagi yang 4 tahun belum tamat, penderitaan itu terasa begitu mencekik dan menyayat hati hingga menggerogoti iman dan takwa. (walah..walahh)
Salah satu yang menjadi topik paling sering ibicarakan oleh mahasiswa adalah ekonomi. Bukan masalah kuliah ataupun mata kuliah ekonomi, tapi sudah di level ‘bagaimana cara bertahan hidup.’ Benarlah kalau bagi sebagian orang, menantu idaman itu adalah anak kos. Bagaimana tidak anak kos sudah pernah mengalami penderitaan hidup sehingga mereka sudah terbiasa hidup susah.
Sebagai anak kos, perlu pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Karena kiriman uang tidak datang setiap saat, jadi kemampuan management sangat diperlukan untuk melangsungkan hidup.
Berikut tips untuk menghindari kanker (kantong kering) bagi mahasiswa:
1. Bawa secukupnya
“Uang itu dibawa berapa pun banyaknya selalu kurang, tapi kalau dibawa sedikit pasti cukup”. Setuju kan bro ma gw? Jadi kalau kamu ngampus bawa uang secukupnya aja, ga usah berlebihan. Toh di kampus makanan dah cukup murah, and buat apa foya-foya kalau mati belum tentu masuk surga *kata Bang haji Rhoma Irama*
Lebih baik lagi kalau duit kamu itu juga sebagian besar disedekahkan. Kata Ustad Yusuf Mansur bersedekah itu sangat baik, dan bikin rezeki dilancarkan oleh Allah Swt.
2. Menabung
Pesan orang tua jaman dulu yang gak pernah lekang oleh jaman: Menabung. Sebenarnya menabung itu mudah. Hanya niat untuk menabung itu yang kadang tidak ada. Berat rasanya untuk menabung 10 ribu padahal kalo hang out ke mall bisa habis 100 ribu. Salah satu faktor terbesar kamu terjangkit kanker adalah kamu tidak punya tabungan walaupun sedikit.
3. Stop Merokok
Merokok adalah aktivitas yang bikin kamu kena kanker beneran. Gak cuma kanker kering tapi bisa juga kanker usus,kanker lambung, hingga kanker mulut. Rokok itu punya zat yang bikin kamu bagih terus. Buat yang udah addicted banget sama rokok, kamu bisa coba untuk berhenti walaupun itu berat. Sebab rokok bagi mahasiswa adalah salah satu outcome terbesar.
4. Giat olahraga
Olahraga adalah kegiatan yang bisa menangkal kanker beneran. Tubuh yang sehat sulit dimasuki oleh virus dan bakteri apapun. Nah, selain bermanfaat buat kesehatan, olahraga juga bermanfaat untuk kantong kamu. Coba kamu kalau ke kampus jalan kaki atau naik sepeda. Lebih irit kan?
5. Puasa
Kalo yang ini recommended banget buat kamu lakuin. Selain mendapat pahal dari Allah swt, puasa juga membuat kamu tidak mengeluarkan uang banyak karena tidak harus makan 3 kali sehari. Selain itu, puasa juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Puasa saat kuliah bakalan tidak terlalu terasa, karena kegiatan kampus yang banyak. Jadi pas pulang ke kos atau rumah, bisa langsung buka puasa.
Kayaknya segitu dulu buat hari ini. Semoga tidak ada lagi mahasiswa yang terjangkit kanker yang sudah mulai akut dalam kehidupan mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar